1. Partikel 이/ 가
Digunakan untuk menunjukan subjek sebuah kalimat. Apabila subjek berakhiran vokal+가 dan apabila subjek berakhiran konsonan+이. Subjek berupa kata benda
Contoh:
- 조이 씨가 빵을 먹어요 (Zoey makan roti)
- 과일이 너무 비싸요. (Buahnya sangat mahal)
*) 이/가 untuk menekankan subjek terdahulu
A: 누가 음식을 준비할 거예요? (Siapa yang akan menyiapkan makanan?)
B: 지민 씨가 음식을 준비할 거예요 (saudara jimin yang akan menyiapkan makanan)
A: 누가 안 왔어요? (Siapa yang tidak datang?)
B: 슈가 씨가 안 왔어요. (Saudara Suga yang tidak datang)
*) 이/가 untuk mengenalkan topik dan informasi baru dalam kalimat.
- 옛날에 한 여자가 살았어요. 그 여자는 아들이 한 명 있었어요.
- 저기 정국 씨가 와요.
# penambahan partikel subjek pada 나, 너, 저 dan 누구
1) 나 + 가 ---> 내가 => 내가 가르쳐 줄게요
2) 너 + 가 ---> 네가 => 네가 왜 여기 있었어요?
3) 저 + 가 ---> 제가 => 제가 할게요.
4) 누구 + 가 ---> 누가 => 누가 청소하겠어요?
2. Partikel 은/ 는
*) digunakan sebagai penanda topik atau target dari penjelasan rinci dan fakta-fakta kalimat. Kata berakhiran konsonan + 은, kata berakhiran vokal+ 는
- 저는 인도네시아 사람입니다.
- 소라 씨는 학생입니다
- 제 직업은 운전기사입니다.
*) menunjukan apa yang disebut pada awal percakapan/ membicarakan sesuatu yang sudah diketahui kedua belah pihak yang berupa 'informasi lama'
- 저는 내일 친구를 만나요. 제 친구는 호주에서 왔어요.
- 저는 지난 달에 반둥에 갔어요. 반둥은 너무 아름다웠어요.
*) untuk membandingkan atau membedakan 2 benda dalam hal tidak hanya subjek tapi juga objek ataupun bagian lain.
-(Membedakan subjek)
부디 씨는 인도네시아 사람이에요. 하지만 정국 씨는 한국 사람이에요.
-(membedakan objek)
저는 수영을 좋아해요. 그렇지만 축구는 좋아하지 않아요.
-(membedakan lokasi)
한국에는 눈이 와요. 그렇지만 인도네시아에는 눈이 오지 않아요.
3. Partikel 을/를
Digunakan untuk menandai objek. Akhiran konsonan + 을, vokal + 를. Dalam bahasa sehari-hari 을/ 를 kadang dihilangkan.
*) penghilangan pada 공부를 하다, 수영을 하다, 운동을 하다 akan diperpendek menjadi 공부하다, 수영하다, 운동하다. Tetapi tidak pada 좋아하다 dan 싫어하다 hal ini dikarenakan 좋아dan 싫어 bukan kata benda.
*) 뭐 해요?
무엇을 해요 --> 뭐를 해요? --> 뭘 해요? --> 뭐 해요?
- 아버지는 책을 읽고 어머니는 요리를 합니다.
- 앤디 씨는 신발을 사요.
Digunakan untuk menunjukan subjek sebuah kalimat. Apabila subjek berakhiran vokal+가 dan apabila subjek berakhiran konsonan+이. Subjek berupa kata benda
Contoh:
- 조이 씨가 빵을 먹어요 (Zoey makan roti)
- 과일이 너무 비싸요. (Buahnya sangat mahal)
*) 이/가 untuk menekankan subjek terdahulu
A: 누가 음식을 준비할 거예요? (Siapa yang akan menyiapkan makanan?)
B: 지민 씨가 음식을 준비할 거예요 (saudara jimin yang akan menyiapkan makanan)
A: 누가 안 왔어요? (Siapa yang tidak datang?)
B: 슈가 씨가 안 왔어요. (Saudara Suga yang tidak datang)
*) 이/가 untuk mengenalkan topik dan informasi baru dalam kalimat.
- 옛날에 한 여자가 살았어요. 그 여자는 아들이 한 명 있었어요.
- 저기 정국 씨가 와요.
# penambahan partikel subjek pada 나, 너, 저 dan 누구
1) 나 + 가 ---> 내가 => 내가 가르쳐 줄게요
2) 너 + 가 ---> 네가 => 네가 왜 여기 있었어요?
3) 저 + 가 ---> 제가 => 제가 할게요.
4) 누구 + 가 ---> 누가 => 누가 청소하겠어요?
2. Partikel 은/ 는
*) digunakan sebagai penanda topik atau target dari penjelasan rinci dan fakta-fakta kalimat. Kata berakhiran konsonan + 은, kata berakhiran vokal+ 는
- 저는 인도네시아 사람입니다.
- 소라 씨는 학생입니다
- 제 직업은 운전기사입니다.
*) menunjukan apa yang disebut pada awal percakapan/ membicarakan sesuatu yang sudah diketahui kedua belah pihak yang berupa 'informasi lama'
- 저는 내일 친구를 만나요. 제 친구는 호주에서 왔어요.
- 저는 지난 달에 반둥에 갔어요. 반둥은 너무 아름다웠어요.
*) untuk membandingkan atau membedakan 2 benda dalam hal tidak hanya subjek tapi juga objek ataupun bagian lain.
-(Membedakan subjek)
부디 씨는 인도네시아 사람이에요. 하지만 정국 씨는 한국 사람이에요.
-(membedakan objek)
저는 수영을 좋아해요. 그렇지만 축구는 좋아하지 않아요.
-(membedakan lokasi)
한국에는 눈이 와요. 그렇지만 인도네시아에는 눈이 오지 않아요.
3. Partikel 을/를
Digunakan untuk menandai objek. Akhiran konsonan + 을, vokal + 를. Dalam bahasa sehari-hari 을/ 를 kadang dihilangkan.
*) penghilangan pada 공부를 하다, 수영을 하다, 운동을 하다 akan diperpendek menjadi 공부하다, 수영하다, 운동하다. Tetapi tidak pada 좋아하다 dan 싫어하다 hal ini dikarenakan 좋아dan 싫어 bukan kata benda.
*) 뭐 해요?
무엇을 해요 --> 뭐를 해요? --> 뭘 해요? --> 뭐 해요?
- 아버지는 책을 읽고 어머니는 요리를 합니다.
- 앤디 씨는 신발을 사요.
Penak di pahami mba.
ReplyDeleteThx....
Iya semoga bermanfaat yah.
Delete